Sunday, July 1, 2012

Cara Mengubah Icon Pada Aplikasi VB6.0



Tips kali ini yakni mengganti icon pada aplikasi, kedua project yang kita buat yaitu Halo Indonesia dan Membuat Jam hanya mempunyai icon standart bawa-annya Microsoft Visual Basic. Nah tugas kita sekarang mengubah icon standart tersebut menjadi icon yang sesuai dengan keinginan kita.

Sebenarnya apa sih perbedaan atau keuntungan mengganti icon???kalo diliat dari performa aplikasi yang telah kita buat (misal saya ambil contoh Halo Indonesia) mengganti icon tidak mempengaruhi kinerja aplikasi tersebut tetapi dari segi tampilan baik pada form aplikasi itu sendiri maupun pada window explorer, perubahan icon tersebut akan membuat aplikasi kita mempunyai ciri khas berupa icon yang berbeda dengan aplikasi lainnya.

Alat-alat yang dibutuhkan yakni obeng, kunci, tang (kayak mo buka bengkel aja hakhakhak…) becanda hehehe… Alatnya ya cuman icon duank, makanya cari icon sendiri yah yang penting file tersebut ekstensinya *.ico
Kalo udah ketemu sekarang kita mulai face off project Halo Indonesia (project baru juga gak pa pa). Buka project Halo Indonesia, setelah itu aktifkan frmHalo (form halo) dan pada propertiesnya cari yang namanya icon, nah di situ ada tanda titik tiga (…) klik aja di situ.



Langkah selanjutnya pilih icon yang sudah anda siapkan tadi (disini saya pilih iconnya process explorer hehehe…) lalu tekan open. Nah udah ganti kan.



Langkah terakhir yakni compile menjadi file *.exe dengan menekan Alt+f lalu pilih make****.exe dan inilah hasilnya

Source: http://kolektor-veebee.blogspot.com/

HOT INFO

Anda ingin mencari refrensi dan contoh program lengkap ? Kami ada. Sekarang Anda bisa mencari Aplikasi VB 6 di situs ini : www.panduanSkripsi.net. Koleksi program lengkap di sana, proyek PHP dan MySQL, juga jQuery dan Framework. Bukunya juga ada.

1 comment: